Selasa, 10 November 2015

Inilah 14 Bakteri yang Menguntungkan bagi Manusia!


Berdasarkan bentuknya, bakteri diklasifikasikan menjadi empat macam yaitu coccus (berbentuk bulat), bacillus (berbentuk seperti batang), spirochete (berbentuk spiral), dan vibrio (berbentuk koma). Bakteri menguntungkan disebut ‘probiotik’ sedangkan bakteri yang membantu probiotik berfungsi dengan baik disebut ‘prebiotik’. Sistem tubuh manusia melawan penyakit melalui lapisan kulit, sistem kekebalan tubuh, lapisan mukosa, dan melalui ‘mikroflora usus’. Mikroflora usus yang terdapat dalam usus ini tidak lain adalah koloni bakteri menguntungkan.


Berikut adalah beberapa bakteri yang menguntungkan bagi manusia:

1. Lactobacillus acidophilus
Lactobacillus acidophilus merupakan bakteri yang paling ramah bagi manusia. Lactobacillus merupakan nama genus, dan acidophilus adalah jenisnya. Bakteri ini secara alami hadir dalam produk susu atau sengaja ditambahkan ke dalam
suplemen susu untuk hasil yang lebih baik.

2. Tobacillus acidophilus
Bakteri tobacillus acidophilus juga termasuk ke dalam genus Lactobacillus. Tobacillus acidophilus merupakan bakteri pencinta asam. Bakteri ini ditemukan pada buttermilk, yoghurt, sour cream, dan frozen dessert. Bakteri tobacillus acidophilus mengubah gula dan karbohidrat menjadi asam laktat sehingga disebut bakteri asam laktat. Cara kerja bakteri tobacillus acidophilus adalah dengan menurunkan pH dan mengurangi risiko pertumbuhan organisme lain dalam makanan. Proses ini bermanfaat bagi manusia karena bisa mencegah infeksi gastrointestinal.

3. Cyanocobalamin
Bakteri cyanocobalamin membantu produksi vitamin B12 selama proses pencernaan. Bakteri cyanocobalamin berperan sebagai probiotik. Probiotik bertanggung jawab terhadap kesehatan pencernaan secara keseluruhan karena memecah senyawa kompleks makanan sehingga mudah diserap dalam darah.

4. Acidophilus bifidus
Bakteri acidophilus bifidus membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah pertumbuhan jamur ‘jahat’ seperti Candida albicans. Bakteri acidophilus bifidus membersihkan aliran darah dengan menghilangkan racun. Oleh karena itu, bakteri ini berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Streptomyces
Streptomyces digunakan dalam pembuatan antibiotik.

6. Rhizobium
Rhizobium berperan penting dalam fiksasi nitrogen.

7. E. coli
Escherichia coli ini dalam usus dan dikenal sebagai bakteri enterik. Bakteri E. coli membantu proses pencernaan dan menjaga agar tubuh tetap sehat. Mereka juga memproduksi vitamin B-kompleks dan vitamin K.

8. Streptococcus mutans
Streptococcus mutans adalah bakteri yang ditemukan di mulut, berfungsi mengubah sukrosa (gula) menjadi asam laktat.

9. Staphylococcus epidermidis dan Proprionibacterium acnes
Staphylococcus epidermidis dan Proprionibacterium acnes merupakan bakteri yang biasanya terdapat pada kulit dan bersifat komensal. Kedua bakteri ini berfungsi untuk mencegah penyebaran jamur tertentu.

10. Acidophilus Bacteria
Acidophilus bacteria ditemukan pada organ reproduksi wanita. Bakteri ini menghasilkan asam laktat yang mencegah pertumbuhan jamur.

11. Flora Usus
Flora usus memegang peranan penting dalam pembentukan sel-sel baru untuk regenerasi jalur usus melalui fermentasi serat makanan dan memproduksi asam lemak. Bakteri usus juga menghasilkan beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

12. Probiotik
Probiotik membantu sintesis vitamin K yang diperlukan untuk pembekuan darah. Probiotik juga membantu proses penyerapan magnesium.

13. Saccharomyces boulardii
Bakteri saccharomyces boulardii membantu mengurangi risiko diare yang terkait dengan antibiotik pada anak-anak.

14. Bakteri Anaerob
Bakteri anaerob yang menguntungkan juga berfungsi untuk membantu proses fermentasi cuka dan pembuatan keju


cr: http://amazine.co/22960/inilah-14-bakteri-yang-menguntungkan-bagi-manusia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar